Sambutan Direktur Program Pascasarjana PPs Undana Pergantian Semester Tahun 2021
Sambutan Direktur Program Pascasarjana PPs Undana Pergantian Semester Tahun 2021

Sambutan Direktur Program Pascasarjana PPs Undana Pergantian Semester Tahun 2021

Civitas academica PPs yang saya kasihi, Selamat tinggal Semester Genap 2021 dan Selamat Datang Semester Ganjil 2021. Tidak terasa, Semester Genap 2021 sudah berakhir.  Kita kini sudah masuk semester baru: Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 atau semester kedua tahun 2021.  Dalam memasuki semester ini, ada baiknya kita melihat kembali apa sudah kita lakukan pada semester yang lalu, Januari sampai dengan Juni yang baru lewat, dan pada semester-semester sebelumnya.

Pada semester lalu itu dan sebelumnya, saya kira sudah banyak hal yang telah kita lakukan, terutama dalam hal tridarma perguruan tinggi (PT): pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM), termasuk kerja sama dengan mitra kita baik pada level lokal, nasional, maupun global.  Persoalannya adalah apakah kita sudah melakukan semua kegiatan itu secara sangat baik dan total untuk kemajuan PPs tercinta dan, melalui PPs, untuk kemajuan NTT secara khusus, Indonesia dan, bahkan, global secara umum. 

Dalam banyak hal, saya tahu, banyak dari antara kita yang sudah membuat yang terbaik bagi PPs.  Mereka sangat total – menggunakan segenap kemampuannya, jiwa-raganya, sumber daya yang dimilikinya –dalam bertugas sesuai dengan kapasitas masing-masing untuk kemajuan PPs, bahkan, ketika kita melalui masa sulit seperti Covid-19 Pandemic sejak awal 2020 dan saat kita menghadapi badai “Seroja” pada bulan April 2021 yang lalu; mereka tetap all out; doing their best; pantang menyerah.  Salut tulus saya untuk mereka. Karena mereka, kita tetap sukses.

Walaupun demikian, jika dilihat dari segi capaian kinerja kita yang, salah satu, ukurannya adalah hasil akreditasi program studi (Prodi), yaitu “Baik” (yang terendah), “Baik Sekali” (level menengah), dan “Unggul” (terbaik), tidak semua kita, termasuk saya sendiri, sudah sangat total dalam mengabdi untuk kepentingan PPs karena belum ada satupun Prodi di PPs yang terakreditasi “Unggul” dan masih ada (satu) yang terakreditasi “Baik”. 

Dalam banyak hal, hasil itu sendiri sudah cukup bagus, tetapi dengan standar yang lebih tinggi, saya kira, ke depan kita harus lebih baik daripada itu.  Semua Prodi, misalnya, harus terakreditasi minimal “Baik Sekali”, syukur kalau semuanya “Unggul.”  Itu, tentu, bukan hanya sebuah mimpi siang bolong.  It is a dream that can be certainly made true by each and all of us. Sebab kita punya sumber daya manusia yang sangat handal untuk itu.  Semua pengajar di PPs, misalnya, bergelar doktor, tamatan dari universitas ternama dari dalam dan luar negeri.  Beberapa di antaranya guru besar.

Sarana dan prasarana belajar dan pembelajaran kita juga sangat mumpuni, misalnya: akses internet selama 24 jam sehari; ruang kuliah yang sangat nyaman; dan, lingkungan belajar yang sangat asri.  Semua itu, tentu, mendukung civitas academica PPs untuk membuat yang terbaik dalam melakukan kegiatan tridarma PT atau kegiatan lainnya yang membuatnya semakin bermutu secara mandiri dan/atau kolektif dan, karena itu, lebih kompeten dan kompetitif dalam hidupnya di PPs Undana dan “beyond.”

Karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk berpuas diri dengan predikat kita sekarang; kita harus membuat yang lebih baik lagi untuk membuat PPs lebih cerah ke depan.  Ketika saya menggunakan kata “kita”, saya maksudkan semua civitas academica PPs: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan, dalam paradigma baru PT, alumni. 

Walaupun demikian, focus saya sebenarnya pada mahasiswa, baik yang baru masuk semester ini maupun yang sudah berada di PPs sejak semester lalu dan sebelumnya.  Anda semua, tentu, harus belajar secara lebih keras dan cerdas untuk membuat diri Anda sendiri lebih bermutu dan lebih kompetitif dan, melalui Anda, agar Provinsi Nusa Tenggara Timur secara khusus dan Indonesia secara umum, juga lebih bermutu dan lebih berdaya saing secara global.  Sebab Anda adalah students today and leaders tomorrow, walaupun ada juga yang kini sudah sedang jadi leaders – They are, I hope, great leaders and students today and greater leaders tomorrow; leaders that hopefully can make us all proud of.

Dengan mengatakan itu, saya mengucapkan selamat dan sukses untuk mahasiswa baru PPs Undana secara khusus, untuk semua civitas academica PPs secara umum.  Mari kita semua selalu membuat yang terbaik untuk membuat diri kita masing-masing lebih bermutu dan lebih kompetitif dan, melalui kita, untuk juga membuat PPs lebih bermutu, lebih kompetitif, dan lebih cerah di tengah persaingan global yang semakin ketat dewasa ini dan nanti.  Ini penting untuk membuat kita keluar sebagai pemenang, bukan pecundang – winners, not losers – dalam percaturan kehidupan ini. 

Terima kasih; stay safe and healthy!

Kupang, Medio Juli 2021

Prof. Tans Feliks

NIP 19630711 1988003 1003

Share This Post:

Dipost Oleh:   Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

PERJANJIAN KERJA SAMA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS KHAIRUN DAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NUSA CENDANA

PERJANJIAN KERJA SAMA PROGRAM...

...
Baca Selengkapnya
SOSIALISASI TERKAIT PENINGKATAN KAPASITASDAN KUALITAS SDM SERTA PERWUJUDAN FUNGSI TRIDARMA ANTARA PROGRAM PASCASARJANA DENGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

SOSIALISASI TERKAIT...

...
Baca Selengkapnya

Tinggalkan Komentar