Direktur PPs buka kegiatan matrikulasi open semester 2021
Direktur PPs buka kegiatan matrikulasi open semester 2021

Direktur PPs buka kegiatan matrikulasi open semester 2021

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Nusa Cendana Kupang mengadakan kegiatan matrikulasi untuk mahasiswa baru angkatan pertama Open Semester tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni Senin dan Selasa, 22 – 23 Februari 2021 melalui media zoom guna menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Dalam acara pembukaan hadir Direktur PPs Undana Prof. Feliks Tans, Wakil Direktur Bidang Akademik Dr. Karolus Kopong Medan, Ketua-ketua Program Studi dan mahasiswa baru dari 10 program studi di PPs.

Direktur PPs, Prof. Feliks, melalui sambutannya dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa tujuan PPs sangat jelas yakni untuk memastikan setiap orang yang sedang dan telah belajar di PPs menjadi sukses. Oleh karena itu, seluruh jajaran yang ada di PPs dengan segenap hati siap melayani mahasiswa baik dalam memenuhi tridarma maupun menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh mahasiswa, tambah Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris itu.

zoom_matrikulais

Tangkapan layar zoom peserta acara Pembukaan Matrikulai “Open Semester” 2021.

 

Dalam sambutannya, Direktur PPs juga mengungkapkan harapannya kepada mahasiswa baru untuk dapat meningkatkan hard skills dan soft skills selama belajar di PPs. Selain mengembangkan potensi keilmuan, mahasiswa juga diharapkan mampu menjaga disiplin serta tekad yang keras sehingga mampu meraih keberhasilan dan menjadi berkat bagi banyak orang.

Berikut salinan sambutan Direktur PPs pada acara pembukaan kegiatan matrikulasi angkatan pertama Open Semester tahun 2021.

PEMBUKAAN KEGIATAN MATRIKULASI MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA, UNDANAANGKATAN PERTAMA “OPEN SEMESTER” 22 FEBRUARI 2021

Sambutan Direktur

Yang saya hormati dan kasihi:Wakil Direktur 1, Dr. Karolus Kopong Medan, S.H., M.Hum.; Wakil Direktur 2, Dr. Ir. Agus A. Nalle, M.Si.;Para Ketua Program Studi se-PPs, baik Program Studi S-2 maupun S-3;Para Dosen;Kasubag Akademik;Kasubag Keuangan dan Administrasi; dan, Para Pegawai PPs;

Yang saya banggakan dan kasihi, para mahasiswa baru PPs, Angkatan Pertama Tahun 2021, calon pemimpin masa depan!  Selamat bergabung di PPs, Undana! Harapan saya, Anda semua selalu sukses, selalu sehat, dan selalu penuh semangat!

Selamat pagi dan selamat bertemu secara online pada acara “Pembukaan Kegiatan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana, Undana” ini.  Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa hal secara singkat karena setelah ini para mahasiswa baru bersama para dosennya akan segera memulai kegiatan matrikulasi.

Pertama, perkenalan.  Saya Tans Feliks, Direktur PPs. Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.  Hadir bersama saya di sini Wakil Direktur 1, Bidang Akademik, Dr. Karolus Kopong Medan, S.H., M.Hum.  Bidang Studi Ilmu Hukum.  Juga ada Wakil Direktur 2, Bidang Keuangan dan Administrasi, Dr. Ir. Agus A. Nalle, M.Si.  Bidang Ilmu Peternakan.

Juga ada para ketua program studi, para dosen, para kasubag, dan staf kepegawaian, tetapi saya mohon maaf, saya tidak bisa perkenalkan mereka satu per satu karena waktu yang terbatas.

Para mahasiswa baru yang terkasih, kami semua, tentu, hadir di sini untuk melayani Anda semua, para mahasiswa, secara sungguh-sungguh. Tujuan kami jelas:  Anda berhasil ketika dan setelah belajar di PPs ini.  Karena itu, jika ada keperluan atau apapun, jangan ragu-ragu untuk kontak kami setiap saat.  Kami juga berharap Anda tidak mengalami masalah, tetapi jika ada masalah, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami supaya kita mencari jalan keluarnya yang terbaik.

Kedua, kegiatan matrikulasi ini adalah pengakuan dan bukti Anda secara resmi menjadi bagian dari civitas academica, keluarga besar PPs, Undana.  Untuk itu, Anda, sebagai mahasiswa baru, akan mendalami beberapa mata kuliah bersama dosen Anda.  Itu untuk menjamin bahwa ketika Anda memulai kuliah nanti, Anda tahu apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan pengetahuan Anda, keterampilan Anda (hard skills), dan karakter Anda (soft skills). 

Saya ingatkan bahwa penting bagi Anda untuk berpengetahuan luas dan mendalam serta berketerampilan khusus dan umum dalam bidang Anda (hard skills), termasuk, misalnya, menulis dan publikasi.  Namun jangan lupa untuk juga menumbuhkembangkan soft skills Anda  seperti disiplin yang tinggi, tekad yang membaja,  dan kerja keras/cerdas supaya Anda semua sukses dan menjadi berkat bagi Anda sendiri, keluarga Anda, dan sesama di lingkungan Anda, di kota/kabupaten Anda, provinsi Anda, dan, bahkan, bagi bangsa kita serta dunia ini – Ingat, visi Undana adalah perguruan tinggi berwawasan global! – Juga, tentu, bagi lingkungan fisik Anda yang lebih baik.  Pengalaman hidup menunjukkan bahwa orang baik dengan karakter seperti itu jauh lebih sukses daripada orang yang cerdas dan terampil, tetapi tidak punya karakter yang baik. 

Jadi, kami, para dosen Anda, PPs secara khusus, dan Undana secara umum, mau supaya Anda, ketika dan setelah belajar di/dari PPs ini nanti, berpengetahuan dan berketerampilan tinggi serta berkarakter agung sebagai bekal Anda untuk menang di masa depan. Bagaimana cara Anda memiliki ketiga hal itu?

Inilah poin ketiga yang ingin saya sampaikan.  Caranya ini: Belajarlah secara total dari hari ke hari secara mandiri atau kolektif, bersama teman atau dosen Anda!  Selain itu, jangan lupa nasihat ini: “think smart, eat well, move well, and don’t smoke” (Idrus A. Paturusi).  Pada masa Pandemik Covid-19 ini, ingat3 M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.  Pada saat yang sama ingat juga pesan ATF VP Hendra Nilam berikut ini: There is no miracle in life, unless you make it happen; Waktu berjalan sendiri tanpa harus  digerakkan, tetapi bisnismu hanya akan bergerak kalau engkau menggerakkanya.

Last but not least, terima kasih banyak kepada Bapak Rektor Undana, Prof. Ir. Fred Lukas Benu, M.Si., Ph.D., para Wakil Rektor, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PPs, baik pada level rektorat maupun pada level PPs, yaitu para Wadir, para kaprodi, dan tenaga kependidikan  PPs yang memungkinkan Anda mengikuti kegiatan ini hari ini. Kiranya Tuhan yang Maha Baik memberkati Bapak/Ibu semua atas jasanya.

Sekian dan terima kasih.  Salam sehat, sukses, dan penuh semangat positif selalu!

Kupang, 22 Februari, 2021

Direktur PPs, Undana,

Prof. Feliks Tans

Share This Post:

Dipost Oleh:   Super Administrator

No matter how exciting or significant a person's life is, a poorly written biography will make it seem like a snore. On the other hand, a good biographer can draw insight from an ordinary life-because they recognize that even the most exciting life is an ordinary life! After all, a biography isn't supposed to be a collection of facts assembled in chronological order; it's the biographer's interpretation of how that life was different and important.

Post Terkait

PRESS RELEASE PERPANJANGAN PERINGKAT AKREDITASI PRODI PIPS

PRESS RELEASE PERPANJANGAN...

PERPANJANGAN PERINGKAT AKREDITASI PRODI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALP ROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NUSA CENDANA Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial [Prodi PIPS] Program Pascasarjana Universitas Nusa Cendana [PPs UNDANA] merupakan salah satu dari 10 prodi yang selama ini dikelola oleh Program Pascasarjana Universitas Nusa Cendana [PPs UNDANA]. Berdiri sejak tahun 2008 sebagai komitmen UNDANA dalam merespon tuntutan...
Baca Selengkapnya
KULIAH UMUM BAHASA INGGRIS PPs SOROTI TREN GLOBAL DAN KEBUTUHAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS

KULIAH UMUM BAHASA INGGRIS...

KULIAH UMUM BAHASA INGGRIS PPs SOROTI TREN GLOBAL DAN KEBUTUHAN KEBUTUHAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) PPs menyelenggarakan kuliah umum hari ini (9/8/2021) sebagai kegiatan pembuka proses belajar mengajar di program studi. Topik yang dibahas pada kuliah umum ini adalah “Global Trends and English Language Skill Requirement”. Pembicara pada kuliah umum kali ini adalah ibu Yuni, panggilan...
Baca Selengkapnya

Tinggalkan Komentar